Curhat : Inilah Cara Terbaik Menjaga Sebuah Hubungan


inilah cara terbaik menjaga sebuah hubungan


Mustahil saat hubungan akan selalu baik-baik saja. Bohong jika yang dirasakan saat ini sama saja dengan awal pertemuan. Dalam menjalin sebuah hubungan pasti ada kalanya kebosanan menghampiri. Bukan hanya persoalan cinta saja, tapi semua hal yang kita lakukan selama hidup pasti pernah ada waktu dimana kita merasa bosan dan ingin menyerah.

Jika perjalanan cintamu mulus mulus saja perlu disyukuri. Tapi kamu harus lebih bersyukur saat cinta yang kamu bangun ternyata banyak ujian, banyak batu krikil tajam yang harus diinjak. Karena di titik inilah kekuatan cinta akan teruji. Kita akan tahu sebenarnya cinta yang sedang kita bangun benar-benar untuk berlanjut ke jenjang serius atau hanya permainan saja.

Jika cinta yang dibangun memang untuk berlanjut pada keseriusan, pasti kita akan menemukan kekuatan untuk menghadapi berbagai ujian. Karena kita sadar betul bahwa cinta sejati tidak mungkin akan berjalan mulus. Namun, jika cinta yang sedang dibangun ternyata hanya sebatas permainan tentu saja sudah mengakhiri kisah sejak awal muncul cobaan.

Sebelum akhirnya kita memutuskan untuk menyudahi kisah, sebaiknya kita cek ulang niat awal membangun cinta. Setelah itu, baru lakukan beberapa hal berikut untuk menghadapi setiap masalah dengan tenang.

Periksa sumber permasalahan yang kerap memunculkan salah paham


Perubahan sikap yang tiba-tiba cenderung cuek, kasar, bahkan acuh kerap muncul saat ada permasalahan. Salah paham adalah hal paling sering menjadi sumber permasalahan. Jangan mudah terpancing emosi. Sebelum kita terbawa pada emosi, selidiki dulu hal apa yang membuat pasangan kita tiba-tiba berubah sikap. Bisa jadi yang menyebabkan perubahan sikapnya adalah diri kita sendiri.

Terkadang kita sering tidak sadar kalau perbuatan kita mungkin membuat pasangan kita berubah sikap. Jangan langsung memutuskan kalau pasangan kita yang mungkin sudah bosan. Sebenarnya rasa bosan itu wajar, yang tidak wajar ketika kita sering tidak sadar bahwa kita melakukan hal yang membuatnya berubah sikap.

Jika memang sekiranya kita tidak melakukan kesalahan, baru kita selidiki dari lingkungan terdekatnya. Bisa jadi pasangan kita berubah sikap karena ada permasalahan di luar sana. Jika memang benar seperti itu, berikan dia waktu untuk tenang terlebih dahulu, tetaplah ada di sampingnya, jangan malah pergi meninggalkan pasangamu saat kondisi seperti ini. Nanti jika sudah tenang, pasti pasanganmu juga bakal cerita dengan sendirinya.

Selesaikan dengan pikiran dan suasana yang tenang


Semakin banyak perbedaan yang muncul, harusnya mampu membuat kita bisa berdiskusi membicarakan perlahan apa yang sebenarnya terjadi. Tapi ingat, jangan pernah memaksakan pasanganmu untuk menceritakan saat itu juga ketika tiba-tiba ia berubah sikap. Karena tidak semua orang mampu untuk menceritakan langsung apa yang terjadi saat ini juga.

Bicarakan baik-baik jika ada permasalahan, jangan berusaha untuk menutupinya. Karena jika kita berusaha keras untuk menutupinya selamanya permasalahan itu takkan menemukan kebenarannya.

Hadapi masalah itu dengan pikiran yang tenang. Jangan berusaha berfikir yang tidak-tidak, karena pikiran yang negatif pada pasangan kamu akan membuat kamu semakin terpancing amarah dan akhirnya membuat masalah semakin besar.

Cari suasana baru bukan orang baru

Lagi-lagi kejenuhan dan kebosanan membuat kita seolah-olah ingin mengakhiri kisah. Ingat ya, bosan itu wajar saja. Nah ketika kita sedang dilanda kebosanan, jangan pernah membandingkan kisah saat ini dengan kisah awal, karena jelas berbeda.

Ada kalanya hubungan yang dijalani akan terasa hambar. Seiring putaran waktu, cinta akan terus berevolusi dan berubah. Kemunculan orang-orang baru juga sering membuat kita merasa bahwa ternyata mungkin dia lebih asik dari pasangan kita. Secara dong, namanya aja baru kenal, jadi belum paham karakter sebenarnya. Seperti halnya saat pertama kali kita kenal dengan pasangan kita dulu, pasti berasa asik.

Akan menjadi penyesalan terbesar saat kamu memilih untuk langsung mencari orang baru saat kebosanan melanda. Sebelum membuat keputusan, coba ingat-ingat niat awal kita membangun hubungan ini, sudah sejauh apa, dan sudah berapa krikil yang dipijak bersama untuk sampai di jalan yang halus.

Cari suasana baru yang belum pernah kita lakukan bersama pasangan kita. Jika sudah hampir semua susasana dilewati, pilihlah suasana yang paling menenangkan. Misalkan ajak pasangan kamu menikmati ketenangan alam, atau mungkin temani pasangan kamu melakukan hobi yang paling ia sukai.

Cinta adalah anugerah yang pantas kita syukuri, pantas kita jaga dengan baik. Jangan hanya karena kedatangan orang baru, kita lantas melupakan kebersamaan yang sudah terjalin sejauh ini. Jika kita terus mencari kesempurnaan, maka selamanya kita tidak akan menemukannya. Karena kesempurnaan itu tercipta jika kita bisa saling melengkapi. Menutupi kekurangan pasangan dengan kelebihan kita, dan kekurangan kita juga ditutupi dengan kelebihan pasangan kita. Bukan malah menjadikan kekurangan pasangan sebagai alasan untuk mencari orang baru.
Advertisement // kode Iklan yang sudah diparse, letakkan disini

Click to comment