Ini Kisah Hijrah-ku

Asalamu'alaikum sahabat Cinta R&B...

Disini aku mau berbagi kisah tentang perjalanan hijrahku yang mungkin ngga semua orang tau... Tapi aku berharap dari tulisan ku ini bisa kalian ambil hikmahnya, dan jangan ditiru keburukannya..

Aku Berlian Hardiyanti Ade Putri Pamungkas
Bukan manusia yang baik...
Bukan seorang yang beruntung..
Bukan seorang yang bisa memanfaatkan waktu di pesantren dengan baik..
Bukan seorang yang bisa dikatakan sukses dalam menempuh belajar di pesantren selama 6th.. dan satu lagi...
Aku belum bisa membahagiakan orang-orang yang membesarkan ku..

Ini Kisah Hijrah-ku

Selepas dari pendidikan formal ku selama 12th tepat di tahun 2015 aku lulus dari MA-ku MA PLUS Nururrahmah Kwarasan-Kebumen.

Dan dari situ aku memiliki keinginan dan Cita-cita

Kuliah + Kerja + Mondok = Hidup Sempurna yuhuuuu....

Qadarullah.... Semua hal yang aku ingginkan itu Allah kasih dengan mudahnya.

Bulan Juli Bapak Pimpinan Cabang Muhammadiyah mengirim pesan singkat pada ku yang isinnya

"Meminta supaya aku menyempatkan waktu untuk ikut hadir dirapat dewan asatidz/zah SD Muhammadiyah Program Kusus"

Sontak aku kaget, aduhhh mak,, ini mau ada apa???
aku mau disuruh ngapain, aku malu???
aku ngga tau, aku ini lah itu lah,, macem-macem rasanya...

Tapi bismillah aku yakin pasti Allah kasih yang terbaik buat aku.

Setiba aku disana, rapat pun berjalan dengan begitu kondusif. dan beliau Bapak PCM mengenalkan aku dengan seorang teman ku, bahwa kami adalah calon tenaga kerja baru disekolah itu.

Sontak kaget aku makk...

Waduuhhh ini rejeki di siang bolong....
Allah kabulkan salah satu keinginanku...
Dengan wajah merah merona bak Siti Aisyah yang mendapatkan julukan Khumairah (pipi yang kemerah-merahan) hahaa...

Aku mulai memperkenalkan diri ku, dan sedikit pengetahuanku tentang Tahfidz..

Dan ketika mereka menanyakan "mbk dulu di Pesantren hafalan udah dapet berapa juz..????

Jllleeebbbb itu pertanyaan yang ngga bisa aku jawab seketika,, bahkan ngga aku jawab, cuma aku senyumin doang,

Huuuuuufffttthh Karena emang waktu itu modalku cuma juz 30 dan juz 29 aja, mana kepikiran sama aku kalo ternyata aku yang baru lulus MA bahkan ngga bawa ijazah suruh ngajar Tahfidz di sekolah terNama dan terMahal di Majenang.

Selepas semua urusan ku di sekoalah,

Aku mulai mendaftar kuliah di salah satu sekolah tinggi islam di Majenang, dengan kepolosan dan rasa ngga malunya aku, hahaa.

Mau daftar kuliah tapi ngga bawa ijazah,.
Gimana ceritanya itu??? hahaa
Pokoknya teh kalo keingget malu aja... hihii

Selang 2minggu dari Pendaftaran Mahasiswa Baru aku ikut ujian tertulis.
Dan kurang lebih 2 minggu setelahnya aku disuruh balik ke kampus buat ngambil hasilnya..

Alhamdulillah...
Aku diterima kuliah disana.. Asiiiikkkkkk
dan aku mulai ngurus-ngurus buat persiapan ospek dan memilih jurusan

Waktu itu aku ngambil jurusan Pendidikan Agama Islam.
Kelas Regullar Siang..

Kok kuliahnya siang,????
Iya dong,,, kalo pagikan jadi Ibok Guru....
Ihiiiiiyyyyy

Tepat-nya bulan September diawal aku masuk kuliah..
Saat itu juga aku ulang tahun yang ke-18th...

Waktu itu Mamah ku tanya "Dek mau kado apa buat kuliah, mau di kreditin motor apa,??
Denga wajah polos dan ngga butuh gitu aku jawab "Engga akh, de mau sepeda aja"... "kalo motor butuh bensin nanti kalo de dibeliin motor uang gajihannya dede ngga bisa buat bayar listrik lagi" hehee...

Dan akhirnya....
Tepat tanggal 10 September sekitar jam 11.00 siang Mamah, Papah dan Mbkku dateng ke sekolah ku (SD) mbawa roti ulang tahun tanpa lilin. Karena mereka tau, aku ngga suka niup lilin..

Aku mandan ngileng-ngileng (ngeliat-ngeliat) mana ini ada kado buat aku,,, kok cuma roti sii...
Emmmmm.....

Setelah motong roti dan makannya bareng-bareng..
Mbkku ngajak aku keluar gerbang SD dengan mata tertutup..
Perlahan kita jalan...
Daaannnnn..................
Taraaaaa.........


Perkenalkan ini si UPI sahabat sejati yang selalu aku ajak mondar-mandir, pulang-pergi kesekolah-kerumah dan kuliah...
Dia lahir tanggal 10 Sepetember 2015 (anggap aja gitu)

3 bulan berjalan dengan aktivitas baru ku yang aku rasa saat itu saaannngggaaattt menyenangkan....

Pagi di sekolah dengan anak-anak kecil yang lucu, dengan berbagai macam tinggkah lakunya yang konyol dan malu-malu kucing hehee....
Siang nya aku melanjutkan kuliah.....

Goas-Goesss.....
Kesana-kesini naik Upi...

Ketika ada seseorang yang tanya...
Mbk, emang ngga malu, Kuliah kok naik sepeda, jadi guru kok naik sepeda..???

Hahahaaa....
aku binggung mau jawab apa,.
Abisnya aku ngga ngrasa malu sama sekali dengan apa yang aku lakukan itu...

Tepat di bulan November akhir aku dipanggil ustadz ku...
Awalnya di WA,.
Ustadz = "Ber,,, nanti kesekolah ngga,???
Aku = Iya ustadz, nanti saya kesekolah kok...Ada apa yah ust.??
Ustadz = Gpp, nanti mampir ke pondok yah, ke kantor saya..
Aku = Okkayy ustadz, siapppp...

Sebenernya dalam hati ku deg-degan bangeett...
Tapii yaa Bismillah dehh...

Setelah sampai dikantor,
Beliau mempersilahkan saya duduk..
Aku ="Tad,,, saya disuruh ngapain sii, rasanya kok deg-degan banget yahh... hahaa"
Ustadz = "hallahhhh kamu ini..."
ngobral-ngobrol....
Sana-sini...
dan beliau juga sempat menanyakan perizinan di SD dan di Kampus itu gimana..??
Langsung masuk kepokok pembicaraan,,,
Ustadz = "Jadi gini ada surat dari Pimpinan Pusat ITMAM (Ittihadul Ma'ahid Al-Muhammadiyah) meminta kita untuk ngirim satu santrinya yang mau hafalan Qur'an,,, Kira-kira kamu mau apa ngga".???

Subhanallah....
Nangis aku waktu itu,,,
Aku ngerasa jadi manusia pilihan...
Mungkin ini jalan hijrah ku yang Allah kasih melalu ITMAM dan Ustadz Jezm El-Nashir

Aku = "Iya ustadz, saya mau,, mau banget malahan... Tapi tempatnya dimana dan sampe kapan tad..??
Ustadz = "Alhamdulillah kalo gitu, tempatnya di Tawangmangu-Solo.. Berangkat sebelum tanggal 1 Desember sampai akhir januari, dijemput tanggal 1 Februari 2016 yah...
Aku = Okke ustadz, lalu, masalah kuliah dan saya di SD gimana??
Ustadz = Gampang, itu urusan saya..
Aku = Terus saya berangkatnya gimana
Ustadz = Nanti kita yang anter
Aku = Alhamdulillah okke ustadz
Ustadz = Disana dingin soalnya dipuncak, jadi bawa baju-baju yang anget yah..
Aku = Siiiiaaapppp ustadz... Terus apa lagi ust
Ustadz = cucian insyaAllah udah dicuciin, makannya juga makan-makanan yang bergizi dan enak pokoknya
Singkat cerita...

Tiba waktu nya aku berangkat....

sebelum berangkat pas mau masuk mobil aku tanya lagi sama ustadz ku
Aku = Ustadz nanti sampe sana aku ditinggal yah ustadz...
Ustadz = Tenang,, semangat kita menemanimu disana..
Aku cuma bisa diem dan menenangkan diri, bismillah pokoknya aku bisa belajar hafalan

Kurang lebih 9 jam kami dalam perjalanan...
Dan pukul 10.00 pagi aku sampe di terminal Tawangmangu dan kita nunggu dijemput sama panitia, karena emang jalan menuju villa lumayan sempit dan ngga semua mobil bisa ikut masuk..

Lalu kita menuju tempat transit pertama yaitu
Gedung Dakwah M.Sanusi

Sesampai disana kita lanjut pindah mobil untuk ke villa tempat kami belajar nantinya

Ini Kisah Hijrah-ku

Ini Kisah Hijrah-ku

Ngga pernah terbesit dalam hati dan pikiran ku untuk belajar Al-Qur'an ditempat sebagus dan semewah ini..

Perjalanan ini aku lalui bersama kurang lebih 33 teman-teman ku dari seluruh daerah se-Indonesia

Perkenalan pun kita awali dimalam pertama..

Pahit manisnya menghafal begitu terasa saat diawal aku memulainya..
Makin lama makin asyikk...
Makin pusing...
Makin banyak ujian..
Makin banyak kata males dan ngerasa cukup...
Padahal kan katanya kalo kita mendalami Al-Qur'an makin lama makin kurang dan kurang..

Tapii namanya juga setan...
Kerjaannya godain dan gangguin kita dari arah manapun....

2 bulan berjalan dengan begitu cepatnya...
Masa pun silih berganti...
Ukhuwah dan amanah tertunaikan
Keping-keping dihati teracut dengan indah, merasakan betapa indahnya berkumpul dengan keluarga-Nya dibumi ini,
Kini tiba waktunya berpisah
Kini tiba waktun yang sesunguhnya

Waku kita benar-benar mempertanggung jawabkan apa yang sudah kita lakukan..
Waktunya kita bertanggu jawab dengan hafalan yang sudah kita perjuangkan mati-matian

Dan satu lagi...

Tanggung jawab berat untuk "muraja'ah seumur hidup kita"

Ini Kisah Hijrah-ku

Selamat berjuang keluarga Allah...
Sampai jumpai dilain waktu dan kesempatan..
Sampai bertemu kembali di Syurga-Nya
Wa'aidullahumastato'tum min quwwah ala inna quwwatalillah... ala inna quwwatalillah...

Allahhuakbar........
Allahhuakbar........
Allahhuakbar........


Yaa begitulah salah satu muhafidzah kami yang membakar semangat kami.....
Membakar keadaan kami yang mulai menyusut dan lemah...

Aku,,,
Harus pulang dan belajar mengajarkan apa yang sudah aku dapatkan..
Pesantren ku menanti.....

Tepat dibulan Februari 2016..
Allah mengabulkan cita-citaku yang ke 3
Allah memberikan aku jalan dan kesempatan untuk aku tinggal dan mengajar di pesantren ku dulu sewaktu MTs...
Aku tinggal di pesantren untuk mengajar Tahfidzul Qur'an dan untuk yang pertama kali....
Betapa bahagiannya aku ya Rabb..
Terimakasih


Ini Kisah Hijrah-ku


Bersambung..................
Advertisement

Click to comment