3 Tips Membuat Kartu Keluarga (KK) Agar Cepat dan Mudah

Assalamu'alaikum sobat cinta?

Kali ini R&B akan kembali berbagi tips menarik seputar keluarga.
Topik kita kali ini adalah tentang pembuatan surat penting dalam sebuah keluarga. Setiap keluarga  tentu wajib yah punya yang namanya Kartu Keluarga atau biasa kita sebut KK. Nah, ngomong-ngomong soal KK, banyak orang beranggapan bahwa membuat Kartu Keluarga ini adalah urusan yang menyebalkan karena ribetnya bukan main. waduw... kalo mindsetnya udah begitu, kamu bakal terus-terusan males buat ngurusin keluargamu 😁.

So, kita akan bahas Tips Membuat Kartu Keluarga (KK) Agar Cepat dan Mudah. Pastikan bagi kamu yang baru pertama kali ngurus surat-surat beginian -biasanya sih penganten baru- praktekan semua tips dari Rizky & Berlian dengan urut dan teliti supaya kamu bisa lebih cepat dan mudah dalam mengurus semuanya.

1. Lengkapi dulu Syarat/Dokumen untuk Pembuatan KK


Betul, ini kunci utamanya. Kalo kamu mau gampang dan gak mendapat kesulitan di depan, dari awal kamu lengkapi dulu syaratnya!. Ini yang terkadang dilupakan oleh kebanyakan orang, alhasil ketika sudah dalam proses pembuatan KK di Capil malah suruh pulang lagi untuk melengkapi datanya. Kan sayang 😖.

3 Tips Membuat Kartu Keluarga (KK) Agar Cepat dan Mudah

Nah, ini dia syarat yang harus kamu bawa saat mau membuat Kartu Keluarga.

  • Surat Pengantar Pembuatan Kartu Keluarga dari RT yang udah distempel sama RW
  • Fotocopy Buku Nikah/Akta Perkawinan -jangan cuma satu ya-
  • Fotocopy KTP Suami Istri
  • Surat Keterangan Pindah (bagi pendatang, misal istri jadi ikut ke alamat suami yang beda kabupaten)
NB : Meskipun di persyaratan pembuatan Kartu Keluarga hanya dibutuhkan Fotocopy Datanya saja, namun untuk berjaga-jaga, kamu juga bawa dokumen aslinya yaa 😉.

2. Berdo'a Memohon Kemudahan


Sebenernya sih sebelum kamu memulai sesuatu alangkah baiknya kamu berdo'a dulu, gak cuma kalo ada maunya aja 😁. Tapi gak masalah deh, sekedar mengingatkan. Sebelum kamu berangkat untuk membuat Kartu Keluarga ke Dinas Catatan Sipil (Kabupaten), berdo'alah, memohon kemudaha pada Allah SWT. Telilti kembali persyaratannya, pastikan tidak ada yang ketinggalan.

3. Berangkatlah Yang Awal (Gasik)


Kebanyakan warga yang tinggalnya di pinggiran mengeluh karena setelah sampai di Kabupaten ternyata Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga sudah ditutup dan diminta untuk kembali pada hari berikutnya. Meski terkadang ada petugas yang baik banget dan mau memberikan toleransi, tapi jarang!. Tapi kali ini kita belajar disiplin!. Berangkatlah sepagi mungkin semampu kamu. Kamu bisa memperkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk sampai di tempat Dinas Catatan Sipil daerahmu. Apalagi bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum. Pastikan kamu tidak ketinggalan bus/keretanya.

Oiya, bagi kamu yang baru pertama kali mendatangi Kantor Capil pastikan kamu tau tempatnya, kamu bisa mencari tau lewat Google Maps posisi Kantornya sehari sebelum kamu berangkat.

Yaps! Akhir kata, insyaAllah kalo kamu melakukan semuanya dengan benar dan teliti, kamu gak akan kesulitan dalam membuat Kartu Keluarga atau pun surat penting lainnya di waktu mendatang. Bagi kamu yang berhasil membuat KK dengan cepat dan mudah, silahkan tulis kesan kamu di kolom komentar yah 😏. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapat manfaatnya.

Peringatan ! Semua Proses Pembuatan Kartu Keluarga GRATIS! Bantu Berantas KORUPSI 
Advertisement

2 komentar

avatar

pergi ke kantor pemerintah untuk mengurus surat-surat itu kalau bisa sebelum kantor dibuka, kitaudah disana buat ngambil no antri.

avatar

betul itu mba, saya juga gitu tiap kali ngurus surat-surat. Sehari langsung kelar, dan nggak pake marah2 karena telat atau gak dilayanin :-)

Click to comment